22 February 2016

Tanggal 9 Maret 2016 Fotoin Gerhana Matahari yuks!


Helo bro :D. Uda pada tau kan tanggal 9 Maret 2016 bakal ada Gerhana Matahari Total, yang jarang - jarang nih terjadi di Indonesia dan bisa teramati total. Jadi penjelasan singkatnya , Matahari, Bulan ma Bumi berada pas digaris lurus, jadinya cahaya si Matahari kehalang Bulan.
Kalo untuk jadwal kejadian ,banyak, bisa dicari di internet kok. yang jelas yang paling bruntung tuh temen2 di katulistiwa, pas banget. Kalo sekitar Surabaya sekitar 80 persen bisa teramati . Jadi siapin kamera dslr ato kamera hape juga bisa ,buat fotoin ama ngerekam momen2 ajaib ini, bisa tuh buat crita2 berpuluh2 abad nanti ke anak cucu kalo dulu kita sempet liat langsung gerhana matahari total :D.

Oya, kalo mau mastiin, brader2 bisa coba instal aplikasi di andoridnya, Sun Surveyor yang bisa ngasih tau dimana posisi matahari dan bulan terbit maupun terbenamnya, dan banyak juga sih fitur lainnya tapi yang penting ya untuk ngeliat matahari dan bulan terbit ini, dan dijamin akurat dan bisa tuh dikombinasikan di google street view, jadi biar lebih real, brader tinggal dimana bisa liat sunrise dari mana sih, apa nongol dari pucuk gunung apa selah2 jemuran tetangga jadi bisa mastiin besok motret sunrise darimana ....



Tuh tampilannya, ane set buat besok tanggal 9 Maret si matahari nongol darimana sih? oh dari situ2 aja, oke...


Nah, kliatan tuh kan, untuk garis warna biru terang itu garis lintasan bulan, yang warna kuning itu garing lintasan matahari terbit. Nah angka2 itu, angka 6, angka 7, angka 8 dst itu posisi dan jam, dimana jika jam 8, posisi matahari / bulan brada disitu,hmmm kalo liat gambar kira2 besok tanggal 9 Maret Gerhananya efektif jam 9. bangun pagi nihhhh...


Ini malah bagusnya, pemerintah brusaha naikin ,hmm apa ya , promosiin letak strategis Indonesia dengan adanya Gerhana Matahari Total ini, Bikin sayembara, ada yang ngadain link khusus live streaming GMT online(disini)  ada juga yang ngadain lomba foto, undang peneliti dst dll. Kayak di ig nya @indtravel , yang bikin sayembara ginian : 


Sebenere ane tertarik juga, mo bikin timelapse tapi masih bingung caranya gimana, pake kamera eos-m.  ada saran katanya suruh instal Magic Lantern , semacam firmware tambahan diluar canon , yang uda ada intervalometer nya. hmmm.... bisa dicobak nih buat tanggal 9 Maret 2016 besok. C yuu :)

No comments:

Post a Comment